PERMASALAHAN CONSTRAINT FAILED DI DAPODIKDAS 2013

By Look87

Saya menyampaikan permohonan maaf sebab saya lama tidak merespon pertanyaan dari rekan operator, dikarenakan beberapa hari yang lalu disibukkan dengan berbagai pendataan LI-SMP, Pemberkasan di BKD, ada Monitoring BOS dan juga mengoreksi Hasil Try Out Perdana.

Terkait judul diatas yang saya ambil dari beberapa pertanyaan rekan operator terkait kegagalan waktu melakukan sinkronisasi. Selain itu, ada juga yang gagal dengan pemberitahuan "Anda tidak berhak melakukan sinkronisasi".


Setelah melakukan beberapa tes, akhirnya saya juga mengalami hal tersebut "Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed", kenapa?
Awalnya sih saya rasa saya menemukan solusi, yaitu dengan menghapus log sinkronisasinya.
Kemudian setelah berganti hari dan data yang saya edit sudah bertambah banyak, akhirnya cara tersebut tidak berlaku lagi, kenapa demikian?

Awalnya saya fikir cache internet saya masih Online (meskipun kita sudah dalam keadaan Offline) sehingga menyebabkan aplikasi membaca system kita masih terkoneksi internet sekalipun di aplikasi statusnya sudah Disconected, ternyata tidak hanya ini masalah yang terjadi. Setelah dua hari ini baru saya menyimpulkan bahwa, menurut saya, aplikasi ini mengirim data per ID yang sudah mengalami perubahan /sudah edit, bukan langsung keseluruhan, jadi semakin banyak data yang kita edit, maka aplikasi error saat meng-compile data data yang sudah di edit. Karena sebenarnya saat kita melakukan edit/hapus data, aplikasi hanya menandai data tersebut, mana yang diedit dan yang mana yang dihapus. Nah, dari data data yang bertanda itulah yang menjadi dasar compile file sinkronisasi.



Bukan tanpa dasar, tapi ini saya ungkapkan berdasarkan ujicoba.
1. Saya sering menghapus data, sehingga Folder C:\Program Files\Dapodikdas propertiesnya naik drastis. Seharusnya tidak berpengaruh, karena saya menambah dan langsung saya hapus kembali data tersebut, nyatanya terjadi penambahan kapasitas di Folder tersebut.

2. Dan efek dari hal di atas, saat saya mengakses aplikasi loading tidak secepat biasanya, harus sering refresh.
3. Setelah saya buka databasenya, ternyata fields yang saya tambahkan dan saya hapus ternyata masih ada.




Dan dari hal tersebut saya hannya memberi saran sebagai berikut :
1. Jangan sering melakukan Hapus Data yang sudah/baru ditambahkan
2. Tidak perlu pusing dengan sinkronisasi, semua pasti mengalami kegagalan karena data yang diedit sudah banyak.
3. Teruskan saja pengerjaannya, bagi yang sudah selesai harap menunggu info selanjutnya untuk melakukan sinkronisasi, karena saya sendiri masih coba coba melalui jalur belakang.

Tetap semangat untuk teman/rekan operator.
Nah, kemungkinan besar akan diperbaiki di versi 2.04
silahkan cek INFO PATCH APLIKASI DAPODIKDAS V 2.04

3 Comments

Darda AM mengatakan...

Bagaimana cara mengatasi kasus "Error Update Structure, Maaf database Anda gagal diupdate"
Mohon solusinya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb. Bagaimana mengatasi masalah constrainf failed pada patch 2.04 ? terimakasih.

Darda AM mengatakan...

Waktu sinkronisasi offline ada keterangan : "DATA SINKRONISASI ANDA TIDAK DITEMUKAN" bagaimana solusinya?
darda68@gmail.com